Share food & beverage recipt Berbagi info resep masakan online Share food & beverage recipt Berbagi info resep masakan online
Home » ala inforesep » Beberuk

Beberuk

Tuesday, November 25th 2008. | ala inforesep

beberk

beberuk

Sebelum kita masak beberuk, mari kita pelajari terung terlebih dahulu…..

Tanaman terung merupakan tanaman setahun berbentuk perdu. Bagian tanaman terung yang banyak dimanfaatkan adalah buahnya. Tanaman terung mempunyai bentuk buah yang beranekaragam, ada yang berbentuk bulat telur, lonjong besar, dan lonjong memanjang berwarna hijau muda atau tua dan ungu. Kulit buahnya liat, tetapi bila digigit terasa renyah.

Jenis-jenis terung :

  1. Terung belanda : buahnya berbentuk bulat lonjong seperti telur ayam. Kulitnya berwarna cokelat keunguan. Daging buahnya berwarna cokelat, bertekstur lunak dan rasanya manis.
  2. Terung gelatik : memiliki bentuk bulat kecil (lebih kecil dari terung ungu bogor) berwarna ungu atau putih keunguan dengan tekstur yang renyah dan rasa langu tetapi tidak getir (sepet). Umumnya terung ini dimakan mentah atau direbus sebagai lalapan, sehingga sering kita sebut sebagai terung lalap.
  3. Terung kopek : memiluki bentuk buah bulat panjang, lurus dan berwarna ungu atau hijau keunguan ada juga yang berwarna hijau muda. Rasanya agak manis dan tekstur daging buahnya lunak.
  4. Terung cragi : memiliki buah berbentuk bulat panjang lurus maupun bengkok. Berwarna ungu tua atau muda serta ujungnya agak meruncing.
  5. Terung medan : berbentuk bulat panjang, berwarna hijau bergaris-garis putih, dan rasanya manis namun sedikit asam.
  6. Terung bogor : memiliki buah berbentuk bulat besar, dikenal sebagi terung kelapa, berwarna putih atau hijau keputih-putihan, bertekstur renyah dan rasanya sedikit manis dan agak getir (sepet).
  7. Terung jepang : memiliki bentuk yang beragam, yaitu : silindris, lonjong, oval dan bulat. Warna kulitnya ungu hingga ungu gelap mengkilat.

Manfaat terung :

  1. Mencegah Atherosklerosis : terung dapat menurunkan penumpukan lemak di pembuluh darah sehingga mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah (atherosklerosis).
  2. Menurunkan kolesterol : kandungan serat yang cukup banyak pada semua jenis terung, yaitu sebanyak 2.5 gram/100 gram berat bahan, sangat baik untuk menghambat penyerapan lemak dan kolesterol.
  3. Menurunkan ketegangan syaraf : komponen dalam terung yang disebut scopoletin dan scoparone akan menghalangi kekejangan syaraf. Karenanya penggunaan terung untuk melawan epilepsi dan penyakit kejang lainnya telah digunakan sebagai obat tradisional.
  4. Menekan resiko kanker : jus terung dapat menekan resiko timbulnya kanker sebab terung mengandung tripsin (protease inhibitor) yaitu komponen yang dipercaya membantu menetralkan sel penyebab kanker.
  5. Menjegah hipertensi : terung mengandung potasium (kalium) yang cukup tinggi yaitu kurang lebih 217mg/100 gram dan kandungan sodium (natrium) yang sangat rendah yaitu 3mg/100 gram.
  6. Menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke : selain karena kandungan seratnya yang tinggi, kadarĀ  betakaroten dan antioksidan lainnya yang cukup tinggi pada kulit terong dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung koroner dan stroke.
  7. Sebagai alat kontrasepsi : beberapa jenis terung diketaui mengandung solasodin dalam jumlah yang cukup tinggi yaitu 2-3.5%. Solasodin merupakan salah satu bahan baku untuk kontrasepsi oral-pil.

Manfaat lainnya adalah mengobati wasir, pelancar air seni, dan meningkatkan libido.

Demikian sekilat info mengenai terung, selanjutnya inforesep akan menampilkan salah satu masakan yang bahan dasarnya adalah terung tp inforesep ga tau ne terung termasuk jenis terung yang mana. Nama masakan kali ini adalah BEBERUK. Beberuk adalah salah satu masakan tradisional dari pulau Lombok. Beberuk ini biasanya dijadikan teman makan ayam taliwang ato pelecing ato ikan bakar, dll. Nah, kalo maen-maen ke lombok, jangan lupa ya nyobain makan ayam taliwang plus beberuknya, dijamin MAKNYOOSSS!!!

Beberuk

Bahan :

  • Terong bulat 4 biji, potong kotak-kotak kecil
  • Bawang merah ukuran sedang 4-5 biji, iris tipis-tipis
  • Tomat 1 biji (kalo tomatnya kecil-kecil, pakenya 2 biji yak), iris-iris
  • Cabe rawit 5 biji, iris tipis-tipis
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Minyak kelapa 2 sdm
  • Air perasan jeruk limau 1 sdt

Cara membuat :

Gampang….aduk tuh semua bahan jadi satu. Siap dihidangkan….
Bisa juga bawang merah, tomat, cabe, gula, garam di halusin. Inforesep kurang suka pake bumbu yang dihalusin, sukanya yang diiris-iris, lebih fresh…

terong dipotong kotak-kotak

terong dipotong kotak-kotak

Sekian dari inforesep, silahkan mencoba………

Related Posts with Thumbnails

Cat : ala inforesep, tags: , , , ,

Comment For Beberuk