Cara Memasak Kuliner Intip Ketan,Jadi Menu Khas Bulan Ramadhan Di Kudus – NET JATENG



Beginilah suasana tradisi dandangan dijalan sepanjang jalan Sunan Kudus, Kabupaten Kudus. Kemeriahan tradisi setahun sekali tersebut merupakan peninggalan Sunan Kudus , sebagai ajakan kepada masyarakat, untuk menyambut bulan suci Ramadan.

Tak hanya tradisi dandangan, di antara ratusan pedagang terdapat satu lapak kuliner yang juga hanya bisa ditemui setahun sekali, yakni intip ketan. Dinamankan intip ketan , lantaran keringnya ketan pada permukan bawah, yang menjadi ciri khas makanan tersebut.

“memang sengaja antri dan sering beli intip ketan hanya makanan khas waktu dandangan saja hari lain tidak ada, rasanya enak gurih-gurih anget enaknya dimakan pas anget saja”. Hari Pujo. Pembeli.

Menjadi generasi penerus dalam menjaga kuliner khas menjelang ramadhan, suprapti, telah menyiapkan puluhan kilogram beras ketan. Dalam sehari, Suprapti bisa menghabiskan lima belas kilogram beras ketan, untuk dimasak menjadi intip ketan.

“jualan sejak dulu turun temurun dari mbahe dulu kan mbah buyut terus generasi saya, terbuat dari ketan nek ketane saya ini ketan pilihan sama santan terus parutan kelapa muda ciri khas makanan dandangan adanya ya jelang dandangan saja setiap harine tidak ada jualan.” Suprapti. Pedagang intip ketan.
Lapak intip ketan suprapti hanya buka sore hingga malam , saat berlangsungnya tradisi dandangan. Untuk satu porsi intip ketan, pembeli hanya perlu membayar dua ribu lima ratus rupiah saja.

Subscribe NET JATENG Official Youtube Channel:
youtube.com/netjateng

Twitter :
twitter.com/NetJateng

Instagram:
@netjateng

NET. JAWA TENGAH
CH 54 UHF Semarang | CH 22 UHF Tegal | CH 22 UHF Purwokerto

source

author
Author: 

    Leave a reply "Cara Memasak Kuliner Intip Ketan,Jadi Menu Khas Bulan Ramadhan Di Kudus – NET JATENG"